Oleh: syaddad | Senin, 21 Januari 2008

Pendidikan Anak – Menggerakkan Anggota Badan (Usia 0 – 1 Minggu)

Tujuan : 1) Mengenal sisi kanan & kiri, 2) Mengenal kedua belah tangan & kaki, dan 3) Merangsang indera pendengaran.

Amatinya kepalanya apakah bergoyang-goyang? Sanggalah kepalanya bila dalam keadaan bersandar atau sanggalah dengan selimut kecil dan rengkuhlah dengan kedua tangan Anda. Apakah kepala si kecil berputar dari satu sisi ke sisi lain? Jika tidak, putarlah kepala bayi dari sis satu ke sisi lain. Putarlah kepala bayi bergantian ketika berbaring. Ini akan membantu bayi mengenal sisi kanan dan kiri kepalanya.

Amati gerakan tangannya. Apakah genggaman jari-jarinya kuat? Biarkan si kecil menggenggam jari-jemari anda. Karena menggenggam adalah reflek pertama setelah lahir dan akan berkurang bila koordinasi mata dan tangan mulai berkembang dengan baik. Pertemukan telapak tangan kanan dan kiri. Ini akan membantu mengenalkan kedua telapak tangannya.
Amati gerakan lengannya. Perlahan luruskan lengan kanannya lihat reaksinya. Setelah itu tangan kirinya.

Amati gerakan kakinya. Luruskan kaki kanannya dan lihat reaksinya. Demikian juga kaki kirinya. Selimuti dengan baik minggu-minggu awal setelah kelahirannya agar dia merasa hangat, setelah anda melatih menggerakkan anggota tubuhnya. Setelah beberapa minggu bayi anda akan merenggang-renggangkan tangan dan kakinya, dia mulai meyesuaikan diri dengan lingkungannya. Jika tidak perlu menyelimutinya dengan ketat. Ajak selalu si kecil berbicara. Gunakan kalimat-kalimat pendek dengan intonasi hangat dan ceria. Sering-seringlah menyapa “Assalamu ‘Alaikum”, sambil tersenyum kepadanya. Lihat reaksinya, kemudian ucapkanlah lagi agar si kecil mulai respon dengan tatapan matanya. Lafazhkan juga “Allahu Akbar” berulang-ulang dengan intonasi lambat, fasih dan jelas. Sering-seringlah mengajaknya bersenandung dan bernyanyi. Setelah si kecil mandi dan menyusu jangan lupa melafazhkan doa sebelum menyusu “Allahumma baariklana fiimaa rozaqtanaa wa qinaa adzabannar” dengan fasih dan jelas. Setalah itu anda dapat memutarkan murrotal yang intonasinya tidak terlalu cepat. Pada siang hari bisa juga dipilihan music-musik instrument lembut untuk merangsang indera pendengaran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: