Oleh: syaddad | Selasa, 23 September 2008

Membuat Aplikasi IntraWeb Dgn Satu Form

Membuat project baru dalam IntraWeb sedikit berbeda dengan membuat project baru pada aplikasi standar Delphi.
Berikut langkah-langkah untuk membuat project baru IntraWeb :

 

 

 

  • Buatlah folder terlebih dahulu melalui Windows Explorer sebagai tempat untuk menyimpan file-file aplikasi IntraWeb Anda. Misalnya “C:\Intrawebku” (tanpa tanda petik).
  • Dalam Delphi pilih File – New – Other… atau dengan menekan kombinasi tombol Alt+F+N+O pada keyboard.
  • Dalam dialog New Items, pilih tab IntraWeb.
  • Dalam tab IntraWeb, double click icon IntraWeb Application Wizard.
  • Dalam dialog IntraWeb Application Wizard : pilih StandAlone Application untuk Application Type-nya. Isi Project1 pada isian Project Name (sekilas info : Project1 adalah default project untuk nama project Anda yang dibuat oleh Delphi saat pertama kali Anda membuat project. Anda dapat mengganti default project tersebut dengan nama project lain yang Anda inginkan). Untuk bagian Options, biarkanlah opsi yang ada pada opsi default. Tentukan folder yang akan digunakan untuk meletakkan file-file Anda, misalnya “C:\Intrawebku” (tanpa tanda petik) pada bagian Project Directory. Klik tombol OK jika sudah.

Setelah langkah-langkah diatas lakukan, Delphi akan menampilkan IDE untuk IntraWeb. Delphi dengan sendirinya akan membuat empat file (tiga file unit dan satu file project), yaitu : IWForm1 sebagai tempat untuk meletakkan komponen dan kontrol pada saat Anda mendesain aplikasi web, IWServerController untuk mengontrol bagaimana server harus menjalankan IntraWeb, IWUserSession yang akan mengelola dan mengatur session dari aplikasi IntraWeb Anda dan Project1 (atau nama lain sesuai dengan nama project yang Anda berikan pada Project Name) sebagai file proyek.

Setiap kali kita membuat aplikasi IntraWeb baru, IntraWeb Application Wizard membuat sebuah form yang disebut IWServerController. Semua project aplikasi IntraWeb membutuhkan form ini. Walaupun pada awalnya IWServerController mungkin kelihatan tidak begitu penting, dan ketika pertama kali Anda membuat aplikasi IntraWeb, Anda mungkin tidak perlu membuka form ini. Melalui IWServerController, Anda dapat mengontrol properties seperti port, setting SSL dan masih banyak lagi.

Sebagai awal dari project IntraWeb yang pertama, kita akan memakai aplikasi standalone untuk melakukan pengembangan dan testing. Atozedsoftware yang merupakan perusahaan pembuat IntraWeb, sangat menganjurkan para pengembang web pengguna IntraWeb untuk memakai aplikasi standalone hanya dalam pengembangan dan testing. Tetapi tidak menutup kemungkinan Anda tetap memakai aplikasi standalone dalam project-project yang Anda kerjakan.

Project pertama dari tulisan ini adalah aplikasi web sederhana yang hanya memiliki 1 halaman (form). Berikut adalah langkah-langkah yang harus kita lakukan :

 

 

 

  • Buatlah folder terlebih dahulu melalui Windows Explorer sebagai tempat untuk menyimpan file-file aplikasi IntraWeb Anda. Misalnya “C:\Intrawebku\Contoh21” (tanpa tanda petik).
  • Buat project IntraWeb baru kemudian beri nama project contoh21.
  • Dalam Component Pallete, pilih tab IW Standart.
  • Double click komponen IWLabel, IWButton dan IWLink. Kemudian atur posisi dari masing-masing komponen.

  • Klik komponen IWLabel1 dalam form designer dan kosongkan nilai dari properties Caption-nya.
  • Klik komponen IWButton1 dalam form designer, ubah properties Caption-nya menjadi Silahkan Tekan.
  • Klik komponen IWLink1 dalam form designer, ubah properties Caption-nya menjadi Keluar. Pada properties Cursor, pilih crPointer.

  • Klik ganda komponen IWButton1 dalam form designer dan ketikkan source code berikut ini :

 procedure TIWForm1.IWButton1Click(Sender: TObject);

begin

    IWLabel1.Caption := ‘SELAMAT DATANG DI IntraWeb’;

end;

  • Klik ganda komponen IWLink1 dalam form designer dan ketikkan source code berikut :

procedure TIWForm1.IWLink1Click(Sender: TObject);

begin

    WebApplication.Terminate(‘Terimah kasih atas kunjungan Anda.’);

end;

 

 

 

  • Pilih menu Run – Run atau tekan tombol F9 keyboard untuk menjalankan aplikasi yang baru saja kita buat. Jika tidak terdapat error dalam source code, Delphi akan merespon dengan menampilkan kotak dialog Web Server IntraWeb untuk aplikasi Standalone.

 

 

 

  • Pada web server IntraWeb, pilih menu File – Execute untuk mengeksekusi aplikasi web yang baru saja Anda buat dan menampilkannya ke dalam web browser.

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: