Oleh: syaddad | Jumat, 17 April 2009

Konsep Pemrograman Berbasis Objek (Bagian 1)

Pemrograman Berbasis Objek merupakan metode pengembangan perangkat lunak menggunakan pendekatan objek dalam dunia nyata. Karena sesuai dengan model kehidupan nyata, segala bagian (entiti) dari suatu permasalahan adalah objek. Objek ini juga dapat berupa gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil.

Salah satu konsep yang sangat diperlukan dalam menguasai pemrograman berbasis objek adalah paradigma objek karena tanpa paradigma objek akan sulit di dalam memahami dan mempelajari pemrograman berbasis objek. Paradigma objek bisa diartikan sebagai cara pandang yang memandang segala sesuatu sebagai objek.

Object dan Class

Kita ambil salah satu benda dari dunia nyata sebagai objek, misalnya “orang”. Yang dimanakan “orang” tentu memiliki nama, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin dan lain-lain. Sekarang objek “orang” dalam dunia nyata tadi kita jadikan kode program dalam class orang sebagai berikut :
class orang {
String nama;
String sex;
int tinggibadan;
int beratbadan;
}

Selamat ! Anda baru saja membuat class dalam Java. Simpan kode program tersebut dengan nama file orang.java

Class dapat diumpamakan seperti spesifikasi atau blueprint. Sedangkan object dalam dunia pemrograman adalah object yang dibuat dari class tertentu. Sekarang kita sempurnakan class orang yang telah kita buat dengan pemanggilan attribute. Attribute bisa dikatakan sebagai variable (member) dari objek.

Simpan kode program berikut dengan nama file ciriorang.java

public class ciriorang {
public static void main(String[] args){
// Membuat object
orang indonesia = new orang();

/* memanggil atribut dan memberi nilai */
indonesia.nama= “Syaddad Taqiyuddin”;
indonesia.sex= “Laki-Laki”;
indonesia.tinggibadan= 170;
indonesia.beratbadan= 65;
System.out.println(“Nama: ” + indonesia.nama);
System.out.println(“Jenis Kelamin: ” + indonesia.sex);
System.out.println(“Tinggi Badan: ” + indonesia.tinggibadan+”cm”);
System.out.println(“Berat Badan: ” + indonesia.beratbadan+”kg”);
}}

Method
Method merupakan implementasi dari bagaimana bekerjanya sebuah class. Method dapat melakukan manipulasi data, perhitungan matematika dan memonitor kejadian dari suatu event. Berikut ini contoh kode programan membuat dan memanggil method.

File orang2.java
class orang2 {
String nama;
String sex;
int tinggibadan;
int beratbadan;

void tampilorang(){
System.out.println(“Nama: ” +nama);
System.out.println(“Jenis Kelamin: ” +sex);
System.out.println(“Tinggi Badan: ” +tinggibadan+”cm”);
System.out.println(“Berat Badan: ” +beratbadan+”kg”);
}
}

File ciriorang2.java
public class ciriorang2 {
public static void main(String[] args){
// Membuat object
orang2 indonesia = new orang2();

/* memanggil atribut dan memberi nilai */
indonesia.nama= “Fayhan Althafunnas”;
indonesia.sex= “Laki-Laki”;
indonesia.tinggibadan= 165;
indonesia.beratbadan= 60;
indonesia.tampilorang();
}}

Method merupakan perwujudan aksi atau tindakan dari dunia nyata di dalam pemrograman computer. Method dalam dunia pemrograman computer juga melakkan suatu aksi seperti menampilkan String di konsol.

Bersambung……

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: